Pengertian dan Ciri-Ciri Diare

 

Diare merupakan sebuah penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umur pada balita. Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya karena salah makan atau memakan makanan yang tidak higienis atau tidak mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun pencuci tangan misalnya dengan Lifebuoy sebelum mengkonsumsi makanan. Sehingga, tanpa disadari, orang tersebut menampakkan ciri ciri diare.

Orang yang menderita diare dapat dilihat dari ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri penyakit diare yaitu:

  • Frekuensi buang air besar menjadi semakin sering.
  • Selalu merasa haus.
  • Demam tinggi.
  • Muntah yang terus menerus.
  • Badan terasa lemah lesu.
  • Terdapat darah dan lendir pada kotoran.
  • Punggung menjadi terasa pegal.

Orang yang menderita diare dan kemudian menunjukkan ciri-ciri diare, sebagian dikarenakan akibat dari racun bakteria dan infeksi virus. Penyakit ini dapat diperparah jika penderita menderita dehidrasi dan dapat mengancam jika dibiarkan tanpa melakukan perawatan. Meminum minuman beralkohol yang berlebihan dapat pula menyebabkan penyakit tersebut. Lingkungan juga menjadi salah satu faktor penting karena jika lingkungan kotor terutama setelah terjadi banjir, banyak bakteri dan virus menjadi lebih cepat berkembang dan tidak jarang banyak anak-anak yang bermain di air banjir tanpa memperdulikan lingkungan. Akhirnya, bakteri dan virus menempel pada tubuh dan tidak dibersihkan secara maksimal dengan menggunakan sabun Lifebuoy. Bakteri dan virus yang menempel terutama pada tangan yang digunakan untuk makan, akhirnya masuk ke tubuh dan dapat menyebabkan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">