Berikan Cairan Pengganti untuk Menangani Diare Anak

Minum cairan secara mencukupi memang sangat penting guna menghindari dehidrasi, terutama jika itu merupakan diare anak atau bayi. Anak dan anda sendiri tetap disarankan untuk minum sebanyak beberapa teguk cairan dengan frekuensi yang sering meskipun mengalami munculnya gejala muntah. Sedikit cairan akan lebih baik dibandingkan sama sekali tidak ada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sebaiknya hindari jus buah sekaligus minuman bersoda karena kedua minuman ini dapat lebih memperparah kondisi diare, terutama pada anak-anak.

Jika anak anda sudah menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti kulit berbintik atau pucat, sangat jarang buang air kecil, kondisi tubuh yang semakin menurun drastis, tangan serta kaki terasa dingin hingga rewel atau lekas mengantuk, maka anda sangat disarankan untuk mengunjungi dokter dengan segera menjelaskan masalah diare pada anak yang dialami buah hati anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Tetaplah berikan anak anda susu maupun makanan secara normal meskipun buah hati anda sedang mengalami diare anak. Ketika menyusui, anda juga lebih baik meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh agar persediaan ASI anda selalu terjaga. Pemberian cairan semacam oralit dapat diberikan ke anak atau bayi jika mereka mulai mengalami dehidrasi. Akan tetapi lebih baik anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan cairan oralit tersebut kepada buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">