Gejala Penyakit Diare Pada Orang Dewasa dan Pencegahanya

Diare adalah penyakit umum yang kerap tejadi pada orang dewasa. gejala penyakit diare biasanya selalu dengan peningkatan buang air besar yang sering dengan disertai feses berbentuk cair, kembung, kram dan nyeri pada perut si penderita, demam dan terkadang gejala lainnya dapat juga feses mengeluarkan darah. Banyak faktor yang menjadi penyebab umum terjadinya diare pada orang dewasa dari mulai makanan, pola hidup tidak sehat dan gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri jahat. Berikut akan saya paparkan beberapa tips cara sederhana mencegah penyakit tersebut:

  1.  Memperbanyak Minum Air Putih
    Gejala penyakit diare pada umumnya selalu membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Dengan demikian penting bagi anda yang sedang menderita penyakit tersebut agar selalu meminum air yang banyak. Hal ini dapat menghindari setiap penderita dari dehidrasi saat terkena diare karena semua cairan pada tubuh akan keluar di saat kita terkena penyakit tersebut. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan maka anda pun akan lemas dan untuk menanganinya selain dengan meminum air dapat juga dengan meminum jus atau larutan oralit agar dapat menghentikan diare.
  2. Berhenti Dulu Mamakan Makanan
    Tubuh selalu memerlukan makanan yang berserat, akan tetapi jika seseorang yang sedang mengalami penyakit diare sebisa mungkin menghentikan dulu sementara untuk mengkonsumsi makanan berserat terutama untuk jenis buah salak.
  3. Jangan Meminum Susu
    Sama seperti makanan berserat, susu pun baik dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh kita. Akan tetapi hentikanlah dahulu kebiasaan anda mengkonsumsi susu agar penyakit tersebut cepat sembuh. Meminum susu akan memperburuk diare anda, akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi yoghurt, sebab yoghurt merupakan minuman sehat yang mengandung bakteri sehat serta dapat menyehatkan pencernaan.
  4. Ramuan Alami Beras Ketan
    Cobalah untuk mencegah dan meringankan diare anda dengan ramuan tradisional beras ketan terutama bagi penderita akut. Caranya yakni dengan mempersiapkan 100 gram beras ketan serta 1 jari kunyit. Untuk pembuatan gorenglah tanpa menggunakan minyak dan bakar kunyit sampai hangus. Kemudian tumbuk keduanya mejadi halus. Cara mengkonsumsinya cukup dengan diseduh lalu diminum 3 kali sehari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">