Tentang Penyebab Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipetensi merupakan penyakit yang berbahaya karena bila dibiarkan akan meningkatkan resiko terkena penyakit lain seperti serangan jantung atau stroke. Di Indonesia tercatat 3 dari empat orang terkena tekanan darah tinggi namun tidak mengetahi bahwa mereka mempunyai kondisi tersebut.

penyebab hipertensi

Penyakit hipertensi adalah kondisi umum dimana darah menekan dinding arteri cukup kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan. Berdasarkan akibat yang ditimbulkan, sangat penting untuk mengetahui penyebab hipertensi agar bisa diobati dan dicegah terlebih dahulu. Penyebab hipertensi ada dua jenis yaitu hipertensi primer dan sekunder. Hipertensi primer adalah hipertensi yang tidak disebabkan oleh kerusakan organ seperti ginjal atau jantung melainkan disebabkan oleh faktor keturunan, pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi lemak dna garan berlebih tanpa diimbangi aktivits yang cukup, merokok, konsumsi alkohol dan kafein. Sedangkan hipertensi sekunder disebabkan oleh gangguan ginjal, kekakuan dari aorta, dan gangguan endokrin. Selain itu kondisi stress dan ketidak mampuan mengatur emosi juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Pengguaan obat-obatan tertentu seperti pil KB, obat pilek, dekongestan, pereda nyeri dan obat lain juga bisa menjadi penyebab hipertensi. Hipertensi sekunder ini cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah yang lebih tinggi dari hipertensi primer.

Apapun penyebab hipertensi itu, sebaiknya lebih waspada dengan memperbaiki pola hidup serta meminimalisir stress agar terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">