Merawat Pasien Tipes di Rumah

gejala tipes pada anak

Tentu Anda harus segera bertindak jika salah satu anggota keluarga di rumah menunjukkan gejala tipes seperti demam tinggi, pusing dan sakit pada otot-otot. Penyakit tipes bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan, butuh ketelatenan untuk merawatnya. Demam pada tipes biasanya dapat berlangsung selama lebih dari dua minggu lamanya, bahkan jika demam terus berlanjut dan kondisi pasien terus menurun tidak jarang banyak yang harus dirawat inap di rumah sakit. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan perawatan di rumah sebelum penyakit ini semakin parah.

Pada dasarnya penyakit tipes disebabkan karena adanya peradangan pada usus, maka hal pertama yang harus dipastikan adalah memberikan pasien makanan lembut seperti bubut tentunya dengan bumbu yang minimal, tidak boleh memakan makanan yang asam dan pedas. Untuk meredakan demam, selalu sediakan air mineral atau air isotonic seperti Pocari Sweat, minta agar pasien sering minum walalupun ia tidak merasa haus. Dan tentu saja pasien harus bed rest selama sakit, beristirahat semaksimal mungkin meninggalkan pekerjaan.

Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa gejala tipes dapat menular, jadi bagi Anda yang memberikan perawatan juga harus berhati-hati, lakukan pencegahan penularan dengan menggunakan masker, menjaga kebersihan rumah, kurangi kontak langsung dengan penderita dan menjaga kesehatan Anda sendiri seperti memakan makanan bergizi, menambah suplemen vitamin dan cukup istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">