Makanan Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Memiliki dan membesarkan anak pasti terdapat beberapa tantangan yang harus dilalui. Salah satunya adalah menghadapi kondisi susah makan pada anak. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus pasti akan mengganggu proses tumbuh kembang anak. Salah satu indikasi bahwa proses pertumbuhan anak terganggu yaitu si anak sering jatuh sakit, mengalami penurunan berat badan, dan lainnya. Agar kondisi ini tidak semakin mengkhawatirkan anda harus segera mencari cara untuk menyiasati supaya si anak mau makan dengan lahap.

Pertama anda bisa mengetahui seberapa banyak porsi ideal untuk anak. Karena porsi anak dan orang dewasa tidaklah sama. Anda juga harus mengontrol camilan untuk anak anda. Jika si anak terlalu banyak mengonsumsi camilan, maka mereka cenderung tidak mau makan makanan utama. Kedua yaitu menerapkan jadwal makan untuk anak. Jadwal yang ideal adalah 3x jam makan dan 2x untuk camilan. Pastikan anda selaku orang tua selalu menerapkan jadwal makan ini agar proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung dengan baik. Langkah ketiga yaitu mengenalkan anak dengan berbagai macam makanan padat terutama saat anak memasuki usia 1 tahun ke atas. Di usia ini anak harus meninggalkan makanan buburnya, kini anak harus belajar bagaimana memakan makanan padat. Jangan kenalkan anak pada junk food, melainkan sayuran, ikan, daging, seafood, kacang-kacangan, buah dan lainnya. Setelah anda mengenalkan makanan padat tersebut, pasti si anak akan memiliki mana makanan yang ia suka dan yang tidak ia suka. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa memberikan makanan dengan variasi berbeda lainnya. Misalnya dengan sandwich berbentuk wajah orang atau variasi telur dadar dengan sayur.

Selain variasi bentuk makanan, hal yang tak kalah penting agar makanan disukai anak yaitu rasanya. Untuk menambah rasa enak dan lezat pada makanan, anda bisa tambahkan blueband. blueband tak hanya menambah gurih pada makanan, namun juga memiliki banyak vitamin di dalamnya. Mulai dari vitamin D, vitamin E, vitamin B1, dan lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">