Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri

Print Friendly, PDF & Email

Pada umumnya resep bakso dibuat dengan menggunakan bahan utama daging sapi atau pun daging ayam. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan kuliner yang semakin menyuguhkan kreasi baru guna memenuhi tuntutan pecinta kuliner saat ini olahan makanan tersebut sudah banyak dikreasikan dengan menggunakan bahan utama ikan. Rasanya tak kalah enak dengan bakso daging sapi atau pun daging ayam. Tertarik untuk mencobanya ? berikut akan saya bagikan cara pembuatan bakso dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya yang dapat anda praktekan sendiri di rumah dengan cara yang mudah:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 400 gram ikan tenggiri yang sudah dibuang durinya
  2. 2 btr telur putih
  3. Air es secukupnya
  4. 1 sdt merica bubuk
  5. 4 siung bawang putih, ditumbuk halus

Bahan sebagai pelengkap:

  1. 1 sdt garam
  2. Kecap asin secukupnya
  3. 100 gram tepung tapioka yang sudah diayak halus

Cara pembuatan resep bakso ikan tenggiri:

  1. pertama-tama anda campurkan semua bahan-bahan seperti daging ikan, telur, air es, merica dan bawang menggunakan mixer atau food processor. Lakukanlah hingga terlihat semua bahan bersatu dengan sempurna
  2. Kemudian masukanlah bahan-bahan seperti kecap asin secukupnya, tepung tapioka dan garam. Kemudian campurkan dengan bahan pertama tadi yang sudah di mix hingga tercampur dengan benar.
  3. didihkanlah kira-kira 3 liter air
  4. Buatlah bakso dengan menggunakan kepalan tangan kiri kemudian bulat-bulat dan lepaskan menggunakan bantuan sendok lalu masukanlah pada air yang mendidih. Bentuklah semua adonan hingga semuanya selesai
  5. Jika sudah dirasa matang maka angkatlah kemudian tiriskan. Bakso akan terlihat mengambang jika sudah terlihat matang dan siap disajikan.

Resep ini dapat anda praktekan untuk sajian makan siang atau pun malam bagi keluarga tercinta. Selain itu, dapat juga sebagai bahan referensi bagi yang ingin menggeluti usaha mengolah makan ini . Demikian artikel tentang pembuatan bakso ini semoga dapat memberikan anda informasi dan referensi seputar kuliner yang tentunya dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar