Penyebab Alergi Kulit Karena Pengaruh Detergen dan Sabun

salah satu penyebab alergi kulit bayi

Apakah kamu pernah merasakan gatal-gatal di sekujur tubuh dan tampak warna-warna merah di kulit. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai faktor baik itu lingkungan, makanan maupun serangga. Salah satu cara mengatasi yang paling mudah tertentu dengan menghindari penyebab alergi kulit tersebut, hal ini juga dijadikan sebagai upaya pencegahan, lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur mengalaminya?, solusi paling tepat yang bisa digunakan tentunya adalah dengan obat-obatan tertentu.

Penyebab alergi pada kulit sendiri ternyata juga bisa karena detergen atau sabun, tak heran jika semisalnya Anda merasa tak cocok dengan kandungan tersebut akan memicu reaksi pada tubuh. hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa ada kandungan berbahaya yang dapat beresiko jangka panjang. Bagi kamu yang sering kali mengalami hal ini berikut cara untuk memilih detergen atau sabun yang tepat:

  • Cermat mengenali kandungan bahan yang tertera dalam label kemasan, ini sebenarnya merupakan cara yang paling mudah karena setiap orang bisa melakukannya, baca dengan cermat apa saja kandungan yang tertulis, meskipun terkadang masalahnya adalah banyak yang terlalu awam mengenal nama-nama kimia bahan berbahaya.
  • Pilihlah sabun atau detergen dengan kadar perfume kecil, jangan salah karena meskipun memberikan dampak berupa aroma yang wangi bahan ini ternyata tak baik untuk kulit, pada mereka yang sensitif bisa menyebabkan warna kulit merah hingga rasa gatal.
  • Cermati pula tanggal kadaluarsanya, bisa jadi penyebab alergi tersebut adalah karena kamu menggunakan sabun atau detergen dengan tanggal kadaluarsa yang sudah lewat.
  • Pastikan untuk selalu mencobanya terlebih dahulu di tangan, jika pada saat terkena tangan tak menyebabkan rasa apapun maka kamu bisa menggunakannya, namun jika terasa panas bahkan gatal sebaiknya hentikan penggunaan.

Itulah ada cara mudah untuk memilih detergen yang aman dan tak menyebabkan alergi. Penyebab alergi kulit karena faktor kosmetik memang cukup mudah mengatasinya, namun berbeda dengan faktor yang lain. Biasanya alergi ini terjadi juga bisa karena daya tahan tubuh yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">