Penyebab Penyakit Diare pada Anak Perlu Diketahui

diare pada anak

Bayi dan anak-anak rentan mengalami diare, biasanya diare ditandai dengan feses yang lembek dan lunak dan seperti air. Diare yang terlalu sering harus diwaspadai, bahwa nantinya anak kita bisa saja mengalami dehidrasi dan kurang cairan. Untuk diare ringan biasanya tidak menimbulkan  ancaman kesehatan yang terlalu serius. Anda perlu mengetahui apakah penyebab penyakit diare  pada anak anda tersebut. Biasa diare disebabkan oleh masuknya virus atau bakteri, mungkin juga parasit, antibiotic, ataupun alergi dari makanan yang dikonsumsi oleh buah hati anda. Berikut beberapa penyebab penyakit diare pada anak dikutip dari beberapa sumber :

  1. Diare yang disebabkan infeksi bakteri seperti salmonella, shigella, staphylococcus, campylobacter/E coli. Biasanya infeksi dari bakteri ini bisa mengakibatkan diare yang agak berat.
  2. Diare yang disebabkan infeksi virus  seperti rotavirus, adenovirus, calicivirus, astrovirus, dan influenza. Virus ini dapat mengakibatkan diare serta muntah , nyeri perut, demam dan juga mengigil.
  3. Diare pada anak karena infeksi telinga . telinga bayi yang terinfeksi mungkin juga disebabkan oleh virus dan bakteri penyebab diare.
  4. Diare karena parasit. Misalnya infeksi parasit giardiasis yang hidup di dalam usus  dapat mengakibatkan diare, perut kembung, sering buang angin dan tinja berminyak
  5. Diare karena terlalu banyak minum jus. Terlalu banyak minum jus buah  dan minuman manis  dapat menggangu pencernaan anak.membuat sakit perut dan buang air besar cair. Sebaiknya aturlah asupan buah yang seimbang untuk anak anda.
  6. Diare karena antibiotik. Bisa jadi anak anda diare setelah mengkonsumsi antibiotic, itu dikarena obat-obatan yang membunuh bakteri baik di usus yang mengakibatkan diare.
  7. Diare karena alergi makanan. Bisa saja anak anda alergi pada makanan tertentu yang bisa mengakibatkan diare, biasanya reaksinya bisa dimulai  beberapa jam kemudian ataupun 1×24 jam. Awasilah apa yang dikonsumsi oleh buah hati anda, apakah alergi karena, susu, buah, atau makanan yang membuat pencernaan si anak sensitive.

 

Langkah pertama untuk menghindari diare adalah dengan menjaga kebersihan. Rajin mencuci tangan dengan sabun lifebuoy, mampu membunuh bakteri , virus dan kuman yang menempel pada tangan kita setelah banyak beraktivitas. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">