Cara Menghemat Energi Saat Mencuci Pakaian

cara menghemat energi

Mencuci pakaian merupakan kegiatan yang melelahkan dan memerlukan banyak energi. Tetapi sejumlah cara menghemat energi bisa digunakan saat ibu menggunakan mesin cuci. Agar energi yang dipakai tidak boros, gunakan mesin cuci yang kapasitasnya kecil.  Mesin cuci yang kapasitasnya besar maka energi listrik dan air  yang dibutuhkan pun juga besar. Selain itu, mesin cuci bukaan samping lebih menghemat air sebanyak 60% daripada mesin cuci bukaan atas. Konsumsi listrik pada mesin cuci bukaan depan juga  biasanya lebih sedikit dibandingkan konsumsi listrik yang bukaan atas.

Selain itu, gunakan air secukupnya karena 90% energi listrik yang digunakan oleh mesin cuci dipakai memanaskan air. Kalau jumlah airnya semakin banyak, energinya pun juga semakin besar.  Pada mesin cuci yang dilengkapi dengan spin dry yang besar, pakaian yang dicuci biasanya akan lebih cepat kering.  Karena itu, pilihlah mesin cuci yang memiliki kecepatan spin drynya hingga 1000 rpm (putaran per menit). Biasanya ada pada mesin cuci bukaan depan, sebaliknya kalau mesin cuci yang bukaan atas hanya memiliki kecepatan 650 rpm.

Tidak hanya menggunakan mesin cuci, cara menghemat energi juga perlu diperhatikan oleh mereka yang mencuci dengan tangan. Caranya yaitu Kucek noda membandel terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. sebaiknya, segera atasi secepat mungkin begitu pakaian terkena noda. Karena kalau terlalu lama, noda akan lebih sulit dibersihkan. Untuk hasil yang maksimal, pakai deterjen Rinso anti noda. Pakaian yang bernoda mengharuskan ibu menggunakan putaran lambat yang menghabiskan banyak energi.  Kalau tidak ada noda dan hanya sebatas keringat saja, lebih baik gunakan putaran cepat.

Sebaiknya pilih deterjen yang sesuai dengan mesin cuci. Hal ini akan membuat mesin cuci lebih awet. Gunakan air dingin agar energi listrik yang digunakan tidak terlalu banyak. Sebagian besar listrik yang digunakan mesin cuci digunakan untuk memanaskan air.

Menggunakan energi matahari daripada memakai mesin cuci untuk mengeringkan pakaian juga merupakan solusi yang tepat. Tidak hanya hemat, tetapi sinar matahari bisa menghilangkan noda dan bau tidak sedap pada pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">