Kapan Sering Buang Air Besar Dianggap Menyehatkan?

sering buang air besar pada wanita cantik
Print Friendly, PDF & Email

Apabila kita mendengar gejala sering buang air besar pada seseorang, biasanya yang langsung terlintas di benak kita adalah sesuatu yang sangat menyiksa dan bisa jadi merupakan pertanda bahwa terdapat gangguan atau masalah pada sistem pencernaan. Namun bila ternyata gejala tersebut melanda orang yang sedang menjalani program diet, bisa memang hal itulah yang diharapkan oleh orang tersebut. Seperti kita ketahui biasanya orang yang melakukan program diet akan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat dan juga vitamin, sehingga mengakibatkan mudah sekali melakukan proses eksresi.

Asalkan kebiasaan sering BAB tersebut tidak sampai melebihi intensitas dua kali sehari, bisa dikatakan bahwa proses tersebut memang baik bagi tubuh. Bahkan bagi orang yang berdiet, kondisi tersebut akan mempercepat proses penurunan berat badan meskipun tidak secara signifikan. Agar seseorang bisa secara rutin mengeluarkan kotoran-kotoran dalam tubuh melalui proses eksresi, maka ada baiknya:

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Rata-rata kebutuhan tubuh akan serat adalah antara 25-30 gram perharinya. Jika kebutuhan ini bisa dicukupi bahkan berlebih, bisa dipastikan pencernaan akan melakukan metabolisme dengan cepat sehingga bisa buang hajat secara rutin,
  • Berolahraga secara teratur, juga bisa melatih organ pencernaan secara tidak langsung untuk melakukan proses metabolisme dengan baik,
  • Hidup secara teratur, baik ketika istirahat maupun beraktivitas agar organ-organ badan bisa bekerja secara maksimal.

Pada dasarnya bila kita menjalani hidup yang sehat serta menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, maka bisa dipastikan tidak akan mengalami proses buang hajat yang terlalu sering dan merugikan. Adapun ciri kebiasaan buang air yang tidak sehat biasanya seperti:

  1. Tekstur kotoran yang dibuang cair dan tidak menggumpal,
  2. Disertai dengan rasa sakit atau kram pada perut yang menyiksa,
  3. Intensitasnya lebih dari 4x dalam sehari.

Bila Anda mengalami gejala seperti ini, maka segeralah menghubungi dokter atau ahli kesehatan untuk mengkonsultasikan hal tersebut. Sekali lagi, sangat penting untuk menjaga lingkungan dan anggota tubuh kita agar tetap bersih agar terhindar dari bibit penyakit yang mungkin bisa menyebabkan gejala sering buang air besar yang tidak menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar