Kenali Hindari dan Jaga Kesehatan anda dari Darah tinggi (Hypertensi)

makanan junkfood pantangan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan Hypertensi adalah di mana kondisi tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi, Hal tersebut menyebabkan masalah terhadap kesehatan anda. Salah satunya adalah dengan adanya penyakit jantung.

Indikasi dari tekanan darah tinggi ditentukan oleh daya pompa jantung dan jumlah resistensi aliran darah terhadap artery anda. Berbanding lurus antara semakin cepat jantung memompa darah dengan sempitnya jaringan arteri, maka akan semakin tinggi tekanan darah anda.

Penyakit ini memungkinkan penderitanya untuk  memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) selama bertahun-tahun tanpa gejala apapun, ketika seseorang menderita penyakit ini ada beberapa pantangan darah tinggi yang tidak boleh dilakukan karena akan memicu tekanan darah menjadi tinggi seperti makanan atau kegiatan yang ekstrim. Bahkan tanpa gejala, kerusakan pembuluh darah dan jantung Anda secara berkala namun dapat dideteksi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Penyakit ini pada umumnya menjalar dengan waktu yang cukup lama, dan hal tersebut akan berujung kepada gangguan semua organ atau bahkan akan terjadi komplikasi. Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dideteksi. Dan setelah Anda tahu Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda segera memeriksakan diri ke dokter Anda untuk mengontrolnya.

Kenali penyakit tekanan darah tinggi lebih dini. Berikut ini jenis jenis penyakit darah tinggi :

Jenis Penyakit Jantung hipertensi

Pada dasarnya penyakit hypertensi berhubungan dengan arteri jantung dan otot.

Terjadinya Penyempitan arteri

Arteri koroner sebagai sarana transfortasi darah. Ketika tekanan darah tinggi menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit, aliran darah ke jantung dapat dengan tiba tiba menjadi lambat, cepat atau bahkan berhenti. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit jantung koroner (PJK), atau dikenal juga dengan sebutan penyakit arteri koroner. PJK akan membuat jantung penderita menjadi disfungsi. Hal ini dapat membuat Anda pada beresiko untuk terkena serangan jantung diakibatkan dari bekuan darah yang terjebak di salah satu arteri, hal tersebut mengakibatkan menyempit dan memotong aliran darah ke jantung Anda.

Penebalan dan pembesaran Hati

Tekanan darah tinggi membuat sulit bagi jantung untuk memompa darah. Sama seperti otot-otot lain dalam tubuh Anda, Kinerja jantung yang dipaksakan biasa menyebabkan otot jantung Anda menebal dan tumbuh. Hal ini menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Perubahan ini biasanya terjadi di ruang pompa utama jantung yang dikenal sebagai ventrikel kiri. Kondisi ini dikenal sebagai hipertrofi ventrikel kiri (LVH).

Selain itu, PJK dapat menyebabkan hipertrofi ventrikel kiri dan sebaliknya: Bila Anda memiliki penyakit jantung koroner, jantung Anda harus bekerja lebih keras. Jika hati Anda membesar karena LVH, dapat menyumbat arteri koroner.

Kenali dan ikuti pantangan darah tinggi untuk terhindar dari komplikasi.

Kedua PJK dan LVH dapat menyebabkan:

  • gagal jantung,
  • Aritmia, ketika hati Anda berdetak tidak normal
  • penyakit jantung iskemik, ketika hati Anda tidak mendapatkan cukup oksigen
  • serangan jantung, ketika aliran darah ke jantung terganggu
  • serangan jantung mendadak, ketika hati Anda tiba-tiba berhenti bekerja, Anda berhenti bernapas, dan Anda kehilangan kesadaran.
  • stroke dan kematian mendadak juga dapat terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">