Tata Cara Cuci Tangan dengan Benar dan Efektif

cara mudah cuci tangan
Print Friendly, PDF & Email

Membiasakan melakukan cara cuci tangan yang benar akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sehingga sangat layak dilakukan. Mencuci tangan setiap kali usai melakukan sebuah pekerjaan akan menjaga kebersihan tangan secara optimal. Apabila perlu bersentuhan dengan mata, hidung, atau mulut tidak menimbulkan rasa was-was. Sayangnya masih saja ada orang yang kurang begitu tertarik untuk menerapkan kebiasaan sehat satu ini, meskipun tergolong tindakan sederhana dan mudah.

Cara Tepat untuk Mencuci Tangan

Terlepas dari tingkat kesadaran yang belum terlalu merata ini, ada baiknya paham benar bagaimana tata cara mencuci tangan dengan benar. Hal ini perlu dijadikan sebagai perhatian karena ada banyak orang yang sekedar mencuci tangan tanpa tahu tata cara yang tepat bagaimana. Mengetahui tata caranya sangat penting sebab tujuan utama mencuci tangan adalah untuk membersihkannya baik dari kotoran maupun kuman dan bakteri. Kekeliruan dalam menerapkan proses mencuci tangan bisa menjadikan tangan kurang bersih meskipun secara kasat mata sudah bersih.

Lantas bagaimanakah cara yang benar saat mencuci tangan tersebut? Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk mencuci tangan secara sempurna:

  1. Pertama ialah dengan meletakkan tangan di bawah air yang mengalir, seperti kran, dan kondisi air yang demikian adalah yang paling ideal.
  2. Setelah semua bagian kulit tangan basah oleh air, maka gunakan sabun pencuci tangan dan digosok-gosok hingga berbusa.
  3. Gosok tangan secara menyeluruh, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
  4. Bilas kembali dengan air yang mengalir, kemudian lap tangan menggunakan kain kering atau tisu toilet.

Mencuci tangan sebaiknya tidak dilakukan dengan mencelupkan tangan ke dalam wadah berisi air sebab menjadikan kurang efektif membunuh kuman. Mencuci tangan ini sebaiknya juga memanfaatkan sabun, akan lebih baik jika menggunakan sabun khusus cuci tangan. Usahakan untuk dilakukan dengan benar dan setiap kali usai melakukan suatu pekerjaan dan berpindah ke jenis pekerjaan lainnya. Semoga informasi tentang cara cuci tangan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar