Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Aman dan Bersih

cara memandikan bayi baru lahir
Print Friendly, PDF & Email

Bayi yang baru lahir adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Untuk itulah, Anda perlu menjaganya sebaik-baiknya. Dari merawatnya agar selalu sehat, mendidiknya kelak agar menjadi orang yang baik budi dan berguna, serta memberikan fasilitas yang dia perlukan. Tentu saja, berhubung si kecil masih bayi, Anda bisa memulainya dengan tahu cara memandikan bayi baru lahir dengan aman.

 

Tidak semua orang tahu bagaimana caranya untuk memandikan bayi. Hal ini wajar saja, bayi yang masih kecil dan lemah, tentu membuat orang merasa takut untuk memegangnya, karena takut terjadi apa-apa. Tetapi sebagai orang tua si bayi, Anda perlu tahu tips memandikan bayi yang baru lahir, supaya bayi tetap terjaga kebersihannya.

 

Karena itulah, kalau Anda hendak memandikan bayi Anda, persiapkan diri dan rumah Anda. Buatlah agar rumah, terutama area di mana Anda akan memandikan bayi, menjadi aman. Ikutilah tips berikut ini:

 

  1. Soal temperatur air

Jangan pernah memandikan bayi di air yang terlalu dingin atau terlalu panas. Periksa dengan termometer, dan lihatlah bahwa suhu yang ditunjukkan 37o atau 38o C.

  1. Kedalaman air

Untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan, isi air maksimal 13 cm saja. Atau untuk lebih amannya, jangan sampai melebihi bahunya.

2. Tentang cara memegang

Ketika Anda memasukkan bayi ke dalam bak, pegang bagian bokongnya dengan satu tangan, dan tangan yang lain men-support bagian belakang leher dan bahunya. Tetap pegang belakang leher dan jaga agar kepala di atas air.

  1. Pembersih bayi

Pilih pembersih yang khusus didesain untuk bayi, seperti merk-merk semacam Zwitsal. Produk shampoo, sabun, dan minyak telon khusus bayi akan membantu membersihkan.

 

Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak harus selalu dimandikan dengan berendam di bak setiap hari, tetapi bisa dengan menyekanya menggunakan air hangat dan waslap. Cara memandikan bayi baru lahir seperti ini bahkan dianjurkan jika bayi masih memiliki tali pusar yang belum putus. Hal yang penting adalah Anda membersihkan bayi dari kepala sampai kaki dengan teliti namun sigap, agar dia tidak kedinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar