penyakit yang disebabkan oleh virus paling mematikan

penyakit flu yang disebabkan oleh virus
Print Friendly, PDF & Email

Virus telah ada sejak zaman sebelum masehi, dan manusia telah berjuang cukup lama untuk menghadapi parasit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh tersebut. Penyakit yang disebabkan oleh virus  sangat banyak tetapi ada 5 yang paling berbahaya sekaligus paling mematikan di dunia. Berikut adalah penyakit dan virus tersebut.

  1. Rabies
    Penyakit ini disebabkan oleh gigitan hewan yang terjangkit penyakit tersebut. Vaksin untuk penyakit ini sudah ada sejak tahun 1920, tetapi bukan berarti ini sudah menjadi masalah yang biasa. Karena justru malah sebaliknya, di negara berkembang salah satunya Indonesia virus ini masih merajalela. Organ yang diserang oleh penyakit ini adalah otal sehingga dapat menyebabkan kematian bagi si penderitanya.
  2. Ebola
    Penyakit yang disebabkan oleh virus ebola ini pertama kali mewabah di negara Sudan dan Kongo sekitar tahun 1976. Virus ini menular melalui kontak dengan seluruh cairan ataupun jaringan tubuh dari orang ataupun orang yang menderitanya.
  3. Virus Masburg
    Virus ini hampir mirip dengan ebola. Penyebaran virus ini diindikasi pada tahun 1967 yaitu ketika kalangan pekerja labolatorium di negara Jerman melakukan kontak secara langsung dengan monyet dari Uganda. Gejala      penyakit yang ditimbulkan virus ini adalah demam tinggi dan pendarahan, hampir sama seperti ebola.
  4. HIV
    Pada zaman sekarang ini, penyakit ini merupakan pembunuh terbesar. Menurut data yang beredar, sekitar 36 juta orang meregang nyawa karena akibat dari penyakit ini. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan melainkan hanya dapat dicegah dan jika sudah tertular maka penderitanya harus rela hidupnya dihantui oleh virus ini. Menurut data yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia atau lebih dikenal dengan WHO menyatakan bahwa 1 dari 20 orang dewasa yang berada di bagian gurun sahara Afrika mengidap penyakit tersebut.
  5. Cacar
    Wabah penyakit ini telah berlangsung ribuan tahun lamanya, yang dimana penyakit ini membunuh 1 dari 3 orang yang diinfeksinya. Tetapi pada tahun 1980, WHO telah menyatakan bahwa dunia telah terbebas  dari cacar.

Itu adalah penyakit  yang  sangat berbahay dan mematikan yang disebabkan oleh virus. Untuk itu, jagalah daya than tubuh anda dengan selalu memperhatikan kebersihan tubuh dan pola hidup sehat. Untuk kebersihan,  langkah paling mudah adalah mandi 2 kali sehari dengan sabun mandi Lifebuoy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar