Fasilitas Yang Tepat Untuk Memeriksakan Kesehatan Balita Dan Ibu Hamil

kesehatan ibu dan anak balita

Kesehatan ibu hamil dan anak balita memang memerlukan sebuah perhatian yang sangat khusus dalam sebuah keluarga. Kesehatan ibu hamil dan anak balita juga menjadi indikator derajat kesehatan sebuah keluarga dan juga menjadi sebuah patokan kesejahteraan sebuah keluarga. Dalam memeriksakan kesehatan anda tentu pasti akan memilih fasilitas mana saja yang harus anda pilih. Berikut ini fasilitas kesehatan yang bisa anda pilih dalam memeriksakan kesehatan ibu dan anak.

Puskesmas yang ada di setiap kecamatan adalah salah satu fasilitas kesehatan yang banyak dipergunakan oleh semua masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya. Di sebuah Puskesmas anda bisa memeriksakan ibu hamil dan anak balita dengan di layani oleh bidan dan dokter umum. Bahkan di sebuah Puskesmas yang maju pesat anda bisa memeriksakan dengan di layani oleh dokter spesialis anak ataupun kebidanan. Fasilitas yang bisa digunakan di Puskesmas ada bagian KIA dan ada juga bagian khusus untuk melahirkan yaitu PONED. Selain dekat dengan masyarakat, Puskesmas juga sangat murah dan bisa di jangkau oleh siapa saja.

Praktek bidan swasta juga bisa melayani pemeriksaan kehamilan ataupun balita. Dengan dengan fasiitas yang berbeda di tiap tempat praktek, anda bisa memilih praktek mana yang bisa anda gunakan. Dengan berbagai pertimbangan anda bisa memilih dan memilah mana tempat praktek bidan yang bisa menjamin kesehatan dan keselamatan baik itu ibu hamikl ataupun balita anda.

Klinik kebidanan yang banyak dibangun di daerah perkotaan, bisa dijadikan alternatif untuk memeriksakan kesehatan seorang ibu ataupun anaknya. Di sebuah klinik kebidanan biasanya selain ada bidan, juga ada dokter spesialis kebidanan. Buat anda yang tinggal di daerah perkotaan mungkin klinik kebidanan bisa dijadikan untuk tempat anda memeriksakan kesehatan keluarga anda.

Rumah sakit yang memeiliki berbagai fasilitas yang lengkap biasanya juga bisa dijadikan tempat rujukan masalah kebidanan baik itu dari Puskesmas, praktek bidan swasta, klinik kebidanan, ataupun praktek dokter spesialis kebidanan. Di rumah sakit semua fasilitas pemeriksaan biasanya sangat lengkap. Makanya rumah sakit di jadikan pusat rujukan masalah kebidanan ataupun penyakit lainnya. Kesehatan ibu dan anak juga bisa di periksa di tempat prakter dokter spesialis kebidanan. Biasanya praktek ini ada di daerah perkotaan dengan akses menuju ke tempatnya yang baik dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">