Prosedur Yang Harus Dijalani Dalam Membeli Rumah Over Kredit

rumah over kredit

Memiliki rumah sendiri untuk saat ini adalah hal yang sulit untuk diwujudkan. Selain harga tanah yang relative naik setiap tahunnya, apalagi tanah yang strategis yaitu berada di area yang ramai, bersih, dekat dengan fasilitas yang penting, serta suasana yang asri dan aman tentunya memiliki kualitas harga yang sangat tinggi. Selain itu, harga bahan bangunan pun merangkak naik seiring dengan naiknya harga bahan bakar minyak yang kini terus mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi alasan untuk memilih rumah siap huni yang sekarang ini banyak terdapat di berbagai daerah dengan lokasi dan fasilitas yang lengkap seperti adanya perumahan dengan berbagai kelas yang dapat anda pilih sesuai dengan selera dan juga budget yang tersedia. Denagn cara pembayaran kredit, maka siapapun memiliki kesempatan untuk menghuni rumah yang layak pakai baik rumah yang baru ataupun rumah over kredit.

Dalam membeli rumah over kredit yaitu rumah yang dijual ketika dalam masa kredit atau belum lunas dan diteruskan oleh pembeli tentunya banyak orang yang mengeluh karena susahnya mengurusi urusan tersebut terutama dalam hal administrasinya. Karena selain ada kesepakatan dan bukti antara penjual dan juga pembeli, ada syarat lain lagi yang menjadikan rumah tersebut syah untuk dialih kreditkan yaitu harus ada komunikasi serta mesti menjalani serangkaian prosedur dari pihak bank demi kelancaran dalam pengambilan dan pembuatan nama pada sertifikat rumah nantinya yaitu ketika rumah tersebut lunas dicicil.

Ada sebuah prosedur dari over kredit pada bank BTN yaitu dengan cara mendatangi secara langsung kepada bagian administrasi kredit atau customer servis dan bertanya tentang peralihan kredit yang dimaksud. Setelah itu, pembeli tinggal mengajukan sebagai debitur baru yang perannya menggantikan debitur lama atau orang yang mengalih kredit kepada anda. Setelah itu, pihak bank akan meneliti dan memeriksa persyaratan yang anda tawarkan. Jika sudah di setujui, maka anda akan menjadi debitur baru dan segala hal administrasi seperti akta dan sertifikat akan ditulis menjadi nama anda. Cukup rumit akan tetapi jika sudah dilaksanakan tenang juga dan rumah akan sesuai dengan nama kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">