Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Diare

gejala penyakit diare pada wanita

Diare adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderita sering mengalami buang air besar yang disertai lendir. Para penderita juga seringkali mengalami rasa sakit pada bagian perut dan juga lambung. Sehingga hal tersebut sangatlah menyiksa. Menurut laporan kesehatan, diare seringkali terjadi diberbagai negara berkembang seperti halnya Indonesia. Diare juga bisa menyebabkan kematian pada balita, bahkan menurut laporan terbaru kematian balita akibat diare mencapai 2,7 juta pertahun. Oleh sebab itu anda harus mengetahui penyebab dan gejala penyakit diare sedini mungkin.

Penyakit diare disebabkan oleh berbagai faktor. Namun faktor utama penyebab diare adalah kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang kita konsumsi. Adapun penyebab diare yang lainnya adalah sebagai berikut,

  1. Kelebihan vitamin C
    Vitamin C adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C juga bisa menyebabkan timbulnya iritasi pada lambung dan juga diare.
  2. Alergi obat-obatan
    Terdapat beberapa penderita yang mengalami diare setelah mengonsusmi obat-obatan tertentu. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menyesuaikan dengan obat-obatan yang kita konsumsi sehingga timbullah penyakit diare.
  3. Keracunan makanan
    Makanan yang sudah kadaluarsa juga bisa menyebabkan diare. Karena makanan yang sudah tersimpan dalam jangka waktu cukup lama akan ditumbuhi oleh jamur dan juga kuman. Hal inilah yang bisa menyebabkan penyakit diare.

Selain mempunyai beberapa faktor penyebab, diare juga mempunyai beberapa faktor gejala. Gejala penyakit diare juga cukup mudah untuk dikenali. Hal ini dikarenakan para penderita diare hampir mengalami gejala yang sama. Adapun gejalanya adalah sebagai berikut.

  1. Sering buang air besar
  2. Mual dan muntah
  3. Dehidrasi
  4. Demam
  5. Nyeri pada punggung
  6. Letih dan juga lesu

Jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diatas, maka segera lakukan pemeriksaan kedokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Dengan demikian maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa anda hindari

            Untuk mencegah penyakit diare, selalu biasakan mencuci tangan sebelum makan. Karena tangan adalah bagian tubuh yang mengandung banyak kuman serta bakteri. Untuk mencuci tangan selalu gunakan sabun Lifebuoy cair. Karena sabun cair lebih higienis dari pada sabun padat. Selain itu, Lifebuoy juga sudah terbukti ampuh melindungi diri anda dari 10 kuman penyebab penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">