Resep Kue Bolu Ketan Hitam yang Memiliki Rasa Nikmat dan Tekstur yang Legit

resep kue bolu ketan hitam

Kue bolu merupakan hidangan yang paling cocok untuk dihidangkan ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah. Para ibu rumah tangga tentunya suka mengkreasikan aneka macam kue tersebut semenarik mungkin.  Salah satu kreasi kue yang cukup menggugah selera yaitu kue bolu ketan hitam. Resep kue bolu ketan hitam ini memang merupakan variasi dari kue basah yang sekarang ini sedang diminati terutama oleh para ibu rumah tangga yang senang bereksperimen dengan masakannya.

Salah satu yang membedakan kue ini dengan kue-kue yang lainnya adalah dari teksturnya yang lembut serta rasanya yang legit, mungkin itulah yang menjadi keunggulan dari cemilan ini. Sekarang makanan yang satu ini sudah sangat populer di Indonesia, bahkan untuk mendapatnya pun sangatlah mudah. Bahan ibu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya, karena sudah banyak toko kue yang menjual cake ketan hitam ini.

Namun meski begitu, masih saja banyak orang yang masih asing dengan  cake ketan hitam ini. Padahal kepopuleranya ini ditunjukan dari rasa dan teksturnya yang diunggulkan. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan mereka sudah terbiasa membuat bolu yang di panggang dan di kukus. Padahal proses pembuatannya sama saja yaitu dengan cara dikukus dan dipanggang. Namun memang ada satu yang membedakan bolu ketan ini dengan yang lainnya yaitu warna dan rasanya yang didominasi dengan rasa dari tepung ketan hitam.

Jika anda masih penasaran dan ingin mencoba untuk membuatnya, maka caranya sangatlah mudah.  Seperti halnya membuat cake yang lainnya dan bahan-bahannya pun tidak jauh berbeda seperti telur, gula pasir, minyak sayur, vanili, garam, susu kental manis emulsifier dan yang terakhir yaitu tepung ketan hitam. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan beberapa bahan terlebih dahulu seperti telur, gula dan emulsifier kemudian dikocok dengan menggunakan mixer bertegangan tinggi. Setelah mengental tambahkan dengan bahan yang lainnya seperti vanili, garam dan juga susu kental manis kemudian satukan semua bahan tersebut dengan cara mengocoknya sampai rata. Setelah semua tercampur rata, selanjutnya masukan tepung ketan hitam dan ratakan. Masukan juga minyak sayur sambil adonan diaduk dan pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Sebelum memasukannya ke dalam loyang, sebaiknya olesi dulu loyang secara merata dengan mentega yang mengandung omega 3 dan 6 agar mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Terakhir anda tinggal memasukan adonan ke dalam loyang kemudian mengukusnya selama 30 menit.

Itulah resep kue bolu ketan hitam yang bisa ibu praktekan sendiri di rumah. Makanan ini bisa dihidangkan ketika sedang berkumpul bersama keluarga dan lebih nikmat jika ditemani dengan teh panas. Bagi ibu yang masih penasaran bagaimana cara membuatnya, maka semoga resep di atas bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">