Cara cuci tangan dengan mudah dan cepat

cara cuci tangan yang benar
Print Friendly, PDF & Email

Cuci tangan menggunakan sabun merupakan suatu cara cuci tangan yang sangat sederhana dan sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan menghindari berbagai macam penyakit. Mengingat pentingnya cuci tangan yang dapat dijadikan sebagai benteng utama dari berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kuman dan virus. Dengan mencuci tangan secara benar maka anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit diare, flu, typus dan lain sebagianya.

Kini saatnya menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan rutinitas sehari – hari. Seperti ketika akan memasak, sebelum makan, setelah buang air kecil atau besar, setelah membersihkan rumah dan lain – lain. Tanpa disadari sering kali tanpa di sengaja anda langsung memegang wajah, hidung, mulut dan bagian anggota tubuh lainnya setelah memegang benda – benda yang kotor atau berdebu tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal tersebut membuat bakteri, kuman dan virus memiliki banyak celah untuk masuk kedalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

Cara cuci tangan mudah dapat dilakukan oleh siapa saja dan dalam waktu yang sangat cepat.

  • Buka kran air pada washtafel.
  • Basahi tangan anda dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Gunakan sabun untuk mencuci tangan. Sangat dianjurkan untuk anda menggunakan lifebuoy dalam mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas. Lifebuoy sabun anti bakteri pertama yang didedikasihkan untuk mencuci tangan dan terbukti 99% dapat menghilangkan kuman, bakteri dan juga virus yang menempel pada tangan dengan cepat.
  • Bersihkan mulai dari telapak tangan, lalu punggung tangan, pindah ke jari – jari tangan, lalu ke bagian sela – sela jari dan ujung jari. Setelah itu bersihkan juga ujung kuku dan pergelangan tangan secara bergantian.
  • Setelah semua bagian tangan dibersihkan selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir hingga busa yang ada ditangan menghilang.
  • Jika busa telah hilang dan tangan telah bersih dari sabun, keringkan tangan menggunakan handuk atau kain lap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar