Penyebab Mencret pada Anak-Anak dan Pencegahannya

penyebab mencret pada wanita
Print Friendly, PDF & Email

Mencret merupakan penyakit yang sering kali menyerang anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak belum dapat menjaga tubuhnya sendiri dari penyebab mencret yang sering ia temui. Terlebih seorang anak memilki daya tahan tubuh yang rentan mengalami penurunan sehingga membuat sang anak lebih mudah terkena penyakit terutama mencret ini. Anda sebagai orang tua tentu tidak menginkan anak anda sakit dan tidak ceria bukan?

Untuk itu sebagai orang tua anda wajib mengetahui penyebab mencret dan pencegahannya agar anak anda selalu sehat dan ceria setiap saat. Sebelum menjelaskan kedua hal diatas, anda juga harus mengetahui apa itu mencret terlebih dahulu. Mencret terjadi sebagai akibat gangguan pencernaan yang dialami anak yang menyerang usus dan membuat keluarnya feses menjadi tidak normal disertai dengan cairan, sebagai akibat usus dua belas jari yang tidak dapat menyerap cairan tersebut dari feses. Selanjutnya mari kita mulai memasuki pembahasan mengenai penyebab dan juga pencegahan dari penyakit mencret ini.

Penyebab mencret yang utama adalah bakteri, virus, dan juga parasit dari makanan serta lingkungan yang kotor. Makanan yang masuk kedalam tubuh harus bersih dan seteril agar bakteri, virus dan juga parasit tersebut tidak mencemari makanan dan masuk kedalam tubuh. Sebagai ibu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan rumah setiap hari. Ajarkan anak untuk membersihkan tubuh seperti mencuci tangannya sebelum memegang makanan. Cuci tangan anak menggunakan sabun anti bakteri yang dapat membunuh setiap kuman yang menempel pada tangannya. Salah satu sabun cuci tangan yang dapat anda andalkan adalah sabun Lifebouy anti bakteri.

Masih mengenai makanan, perhatikanlah kualitas makanan dan kelayakan makanan tersebut untuk dimakan sebelum diberikan pada anak. Jangan sampai anak mengonsumsi makanan dan minuman yang telah basi. Makanan yang sudah basi menjadi penyebab mencret yang tak kalah harus dihindari. Pencegahannya sebagai ibu anda harus teliti dalam memberikan makanan pada anak anda. Terlebih jika anak anda memiliki alergi terhadap suatu jenis susu, sebaiknya anda menggantinya dengan susu jenis lain agar anak tidak kekurangan nutrisi. Jangan lupa untuk menghindari susu yang dapat membuat anak alergi tersebut.

Penyebab lainnya adalah daya tahan tubuh anak yang melemah. Anak-anak paling rentan dalam masalah kekebalan tubuh. Beri anak makanan dan minuman yang sehat untuk menjaga imunnya serta membuat anak menjadi tidak mudah sakit. Serta ajaklah anak untuk melakukan olahraga ringan yang dapat menyehatkan tubuhnya. Seperti diajarkan berenang, bersepedah, lari pagi dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar