Ciri-Ciri Dan Gejala Ruam Popok Pada Bayi

ruam popok

Bayi yang masih kecil dengan usia baru beberapa bulan, memiliki kulit yang sangat tipis dan mudah sekali terkena infeksi apalagi dengan gesekan-gesekan dari pakaian yang dipakainya. Hal-hal seperti ini jika dibiarkan dapat menimbulkan yang namanya ruam popok pada bayi. Ruam popok sendiri yaitu suatu radang atau infeksi kulit pada bayi yang masih kecil, bisanya terletak disekitar area pantat dan paha bayi atau sekitar popok yang dipakai dalam jangka waktu yang lama oleh bayi.

Pemakaian popok yang lama dapat berakibat pada kelembaban pada kulit bayi itu sendiri, hal ini karena pada bayi akan sering mengalami buang air kecil atau besar. Dan jika orang tua atau pengasuhnya membiarkannya karena tidak tahu maka akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada kulit bayi tersebut. Oleh karena itu pemakaian popok bayi yang bersih dan penggantian yang sesuai harus dilakukan agar kulit bayi terhindar dari ruam popok. Namun saat penggantian popok pada bayi diusahakan juga jangan terlalu sering, hal ini karena penggantian popok bayi yang terlalu sering atau berlebihan dapat juga mengakibatkan infeksi karena kulitnya yang masih sensitif.

Seorang bayi yang terkena ruam popok dapat dilihat dari ciri-ciri dan gejalanya. Bayi yang terkena ruam popok memiliki ciri-ciri kulit di area popoknya yang berwarna merah, bahkan sampai bengkak dan meradang pada bagian paha, bokong atuapun alat kelaminnya. Dan bagi bayi yang terkena ruam popoknya sudah lama pada kasus tertentu akan menimbulkan tonjolan seperti jerawat. akan m Anda akan bisa mengenali gejalanya pada saat bayi terkena ruam popok, dengan ciri-ciri kulit di area popok terlihat merah, bengkak dan meradang pada bagian bokong, paha, dan alat kelamin, dan pada kasus tertentu timbul jerawat.

Untuk gejalanya sendiri, seorang bayi yang terkena ruam popok akan membuat bayi seolah-olah tidak nyaman, iapun akan sering menangis dengan suara yang keras, serta menunjukan ketidak senangan secara umum. Oleh karena itu penggantian popok bayi yang teratur dengan melihat bagaimana kondisi popoknya, apakah sudah penuh atau sudah sangat basah dengan urin atau feses bayi. Sehingga perlu diganti dengan yang baru dan juga bersih yang dapat menjadikan bayi dalam keadaan aman dan nyaman.

Dari ciri dan gejala-gejala di atas maka anda sebagai orang tua sudah seharusnya dapat menjaga buah hati anda agar selalu dalam keadaan bersih secara pakaiannya, terutama popok yang dipakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">