Cara memandikan bayi anak pertama

Cara memandikan bayi terutama bagi bayi anak pertama tentunya diperlukan kehati – hatian yang super ekstra. Oleh sebab itu bagi para ibu muda yang abru pertama kali mempunyai anak terkadang merasa takut dalam memandikan sendiri bayi yang baru lehir tersebut karena masih belum berani menyentuh bayi dengan alasan tulang bayi yang masih begitu lembut.

cara memandikan bayi

cara memandikan bayi

Dalam memandikan bayi yang masih baru beberapa hari dilahirkan menggunkan spons atau kain yang dibasahi air hangat. Basuh wajah dan tangan bayi selama seminggu utama serta bersihkan juga area kelamin bayi setiap kali menggantikan popok. Apabila tali pusar bayi telah kering, lepas serta bekas lukanya sudah sembuh total sebaiknya anda memandikan bayi di wadah yang lebih besar dengan menyesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Misalnya dnegan menggunakan baby bather atau baby bath bed. Walaupun bayi belum banyak bergerak jangan pernah meninggalkan bayi saat memandikan bayi. Selain itu tutup kran air ketika memandikan bayi. Hal ini agar air tidak terus menerus mengalir yang dapat mengakibatkan bayi yang berada didalam bak mandi dapat tenggelam.

Perhatikan cara memandikan bayi untuk anda yang baru saja memiliki bayi terutama anda yang baru pertama kali memiliki bayi :

  1. Pilih ruangan untuk memandikan bayi yang memiliki suhu yang pas.
  2. Siapkan sabun mandi dan sampo khusus bayi. Gunakan zwitsal dalam memandikan bayi anda. Dengan zwitsal bayi anda dapat terlindungi dan terhindar dari iritasi kulit.
  3. Siapkan juga popok dan pakaian bersih.
  4. Hindari mencampur cairan kedalam air mandi bayi, gunakan air hangat yang bersih saja ketika memandikan bayi.
  5. Masukkan bayi ke dalam air mulai dari kakinya dan letakkan salah satu tangan anda untuk menopang leher serta kepala bayi. Lalu tuangkan air dengan perlahan ke tubuh bayi.
  6. Gunakan kain atau spons untuk membasuh sabub dari arah atas hingga kebawah dan dari depan ke belakang tubuh bayi.
  7. Bilas tubuh bayi, lalu keringkan dengan menggunakan handuk.
  8. Oleskan lotion khusus bayi, kemudian bedak dan minyak telon pada tubuh bayi. Setelah itu kenakan popok dan pakaian bersih kepada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">