Resep Sayur Asem Betawi Mudah Dan Nikmat

Resep sayur asem merupakan warisan turun temurun yang hingga saat ini masih sangat disukai hampir semua orang di Indonesia. Karena rasanya yang  nikmat, sayur asem menjadi resep yang bisa ditemui di berbagai daerah seperti sayur asem Betawi, sayur asem Sunda, dan sayur asem Jawa. Meskipun bumbu yang digunakan hampir sama, namun perbedaan yang bisa kita lihat dari beberapa jenis sayur asem adalah pada isiannya yang beraneka ragam. Pada sayur asem Jawa tampilannya biasanya bening. Sayur asem betawi dan sunda lebih pekat dengan komposisi sayuran lebih banyak dari pada sayur asem jawa seperti kacang merah, aneka jenis cabai, nangka muda, labu siam dan lain-lain.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat sayur asem khas Betawi yang dapat anda coba buat di rumah:

Bumbu dan Bahan yang diperlukan untuk untuk resep sayur asem Betawi

Sumber gambar : resepdapurumami.blogspot.com

Bahan yang diperlukan seperti 6 siung bawang merah lokal, 1.5 sendok teh terasi berkualitas baik yang dibakar di atas bara api untuk membuat rasa lebih nikmat, 4 siung bawang putih berukuran sedang besar, 5 buah kemiri berukuran sedang yang telah disangrai, 2.5 liter air bersih untuk digunakan merebus semua bahan dan bumbu sayur asem, 20 gram asam Jawa yang dicampur dengan 4 sendok makan air matang lalu aduk, 50-60 gram buah melinjo, 20-30 gram daun melinjo, 2 lembar daun salam, 150 gram nangka muda yang telah dicuci bersih dan dihilangkan getahnya dan dipotong-potong bentuk dadu, 50-60 gram pepaya muda yang dikupas kulitnya dan dipotong kotak, 45-60 gram kacang tanah yang dikupas kulitnya dan dikeluarkan bijinya, 1-2 batang jagung manis sedang, 4-5 batang kacang panjang, 140-160 gram daging tetelan, 1.5 sendok makan garam dapur, gula pasir secukupnya, dan 1 bungkus Royco ayam.

Cara membuat sayur asem Betawi

Sumber gambar : resepcaramemasak.info

Bersihkan semua bahan yang akan digunakan agar terbebas dari kotoran, haluskan bawang merah, bawang putih, terasi dan kemiri yang telah disangrai hingga benar-benar halus, rebus air ke dalam panci dan masukkan daging tetelan ke dalamnya. Tambahkan bumbu sayur asem yang telah dihaluskan, daun salam dan lengkuas lalu aduk hingga tercium bau harum. Berikutnya masukkan melinjo, nangka muda, kacang tanah dan jagung manis lalu rebus sambil diaduk-aduk hingga semua bahan setengah matang. Masukkan pepaya muda dan labu siam lalu aduk lagi, campurkan garam dapur, royco ayam, gula pasir dan air asam jawa lalu aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata dan biarkan hingga mendidih. Langkah terakhir, tambahkan potongan kacang panjang dan daun melinjo lalu aduk lagi hingga matang. Sayur asem khas betawi siap dihidangkan selagi hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">