Resep Komplit Rendang Ayam Lezat Ala Minang

Setiap orang di negeri ini pasti kenal atau setidaknya pernah mendengar nama masakan rendang. Rendang merupakan salah satu masakan asli Indonesia yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Kelezatan cita rasa-nya sangat mengoda sehingga banyak pengemar masakan asal Minangkabau tersebut, mulai anak hingga orang lanjut usia suka dengan rendang. Namun pernahkah anda mencari tahu seperti apa Resep Komplit Rendang Ayam?

rendang ayam

rendang ayam

Sebenarnya rendang banyak varian-nya mulai dari rendang sapi hingga rendang jengkol. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memasak rendang ayam berserta resep resepnya yang diambil langsung dari ahli masak asal minang. Berikut penjelasan dan tata cara lengkapnya.

Bahan Membuat Rendang Ayam

Bahan utama yang harus ada tentunya daging ayam 500 gram, setelah itu Santan satu liter yang berasal dari dua buah kelapa, selain itu jangan lupa menyediakan asam kandis dua buah, daun kunyit dan jeruk masing masing dua lembar, serai sebatang dan memarkan, gula pasir satu sendok teh, minyak goreng dua sendok makan, bawang merah goreng dan yang terakhir Royco secukupnya.

Bumbu yang sudah dihaluskan juga tidak boleh terlewatkan, karena dari bumbu inilah kelezatan rendang itu berasal. Bumbu yang dimaksud meliputi cabai merah 15 buah, bawang merah delapan butir, bawang putih enam siung, kemiri yang sudah di sangrai sebanyak dua butir, kunyit dan lengkuas. Semua bahan bahan tersebut ditumbuk sampai halus.

Cara Memasak Rendang Ayam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah panaskan minyak goreng, setelah itu segera masukkan bumbu halus tadi ke dalam wajan, tumis hingga keluar aroma harum. Setelah itu langsung campurkan bumbu yang sudah harum tadi dengan asam kandis, serai, daun kunyit, daun jeruk dan santan.

Masukkan daging ayam kedalam santan yang sudah bercampur bumbu tersebut, setelah itu jangan lupa untuk memberikan Royco secukupnya dan gula. Tunggu dan terus aduk hingga kuah menyusut dan mengental. Angkat dan sajikan dengan tambahan bawang goreng untuk menambah kelezatan masakan. Resep Komplit Rendang Ayam diatas dibuat untuk porsi tiga orang atau jika ingin memasak dalam porsi besar tetap ikuti patokan resep tersebut, misalnya untuk porsi 30 orang maka tinggal dikalikan 10 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">