Resep Memasak Opor Ayam Kering

opor ayam kering

Berbicara mengenai masakan opor ayam khas indonesia, ternyata di Indonesia memiliki berbagai macam varian, bukan hanya opor ayam yang berkuah kental saja, tetapi juga ada opor ayam kering resepnya pun tidak jauh berbeda dengan resep opor ayam yang lainnya. Opor ayam kering merupakan opor ayam tanpa kuah, maksudnya ayam yang sudah memakai bumbu dan santan itu dipasak hingga mengering sehingga kuah santannya meresap kedalam daging ayam tersebut.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Perkedel Kentang Sederhana dan Enak

Opor ayam kering ini memiliki cita rasa yang sangat gurih, cocok sekali jika  dipadukan dengan ketupat atau lontong dan disantap bersama keluarga anda. Untuk mencoba memasaknya anda harus memperhatikan resep berikut ini.

  1. 1 ekor ayam kampung kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu cuci bersih.
  2. Siapkan santan sekitar 500 ml dan 1 gelas air
  3. Siapkan 3 lembar daun salam, 3 batang serai yang sudah dimemarkan,
  4. Garam, gula merah, lada bubuk atau merica, dan penyedap rasa secukupnya
  5. Haluskan beberapa bumbu yang lainnya seperti: 5 buah kemiri, 1 buah cabe merah, 4 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 sdm ketumbar, 5 cm kunyit, 3 cm jahe, dan 3 cm lengkuas.

Adapun cara memasaknya yaitu sebagai berikut:

  • Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus, daun, salam, dan serai hingga harum.
  • Masukan ayam, tuangkan santan dan air lalu aduk-aduk hingga merata.
  • Tambahkan garam, lada bubuk, gula, dan penyedap rasa.
  • Tunggu beberapa saat hingga kuahnya mengering
  • Angkat dan sajikan

Ciri khas dari opor ayam kering ini terasa lebih empuk dan sangat gurih karena bumbu dan kuah santannya dibiarkan hingga mengering sehingga bumbunya meresap sempurna. Masakan ini tentunya sangat digemari oleh berbagai macam suku di Indonesia. Saat lebaran tiba opor ayam ini seperti sudah menjadi menu makanan yang wajib ada. Jika anda belum pernah memasak opor ayam kering ini serta mau mencobanya, catat dan pahami ya resep opor ayam diatas, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">