Perkembangan Dunia Aviasi Dari Masa Ke Masa

pilot-training-in-aviation-academy

Saat ini pertumbuhan pesawat terbang berjalan pesat. Dunia aviasi semakin maju yang memudahkan perpindahan warga untuk berbagai keperluan dari satu negara ke negara lain. Pertumbuhan penduduk dunia, ekonomi, dan teknologi juga ikut membawa pengaruh terhadap dunia aviasi.

Semakin maju teknologi, misalnya internet, maka antar individu, baik dari negara yang sama atau berbeda, akan semakin mudah terhubung. dengan demikian peluang menjalin bisnis pun terbuka.

Industri penerbangan melihat peluang ini dengan menambah rute perjalanan ke berbagai tempat. Dunia penerbangan pun kini mengikuti perkembangan zaman. Bagaimana perkembangan dunia penerbangan di dunia dan di Indonesia ? Berikut ulasannya.

Apa itu aviasi ?

Menurut situs wikipedia, aviasi bisa diartikan sebagai seni aeronautika, pengembangan, produksi, operasi, dan penggunaan pesawat, terutama lebih berat dari pesawat udara. Lalu darimana asal kata aviasi ?

Kata aviasi atau penerbangan diperkenalkan oleh penulis asal Perancis dan mantan perwira angkatan laut Gabriel La Landelle di tahun 1863 dari kata kerja avier (identik dengan terbang). Aviation (aviasi) berasal dari kata latin avis (“burung”) dan akhiran –ation.

Sejarah dunia penerbangan dimulai pada tanggal 21 November 1783 dimana Montgolfier bersaudara merancang balon udara panas. Namun kemampuan balon itu masih terbatas karena belum bisa dikendarai.

Lalu pada tahun 1784, Jean-Pierre Blanchard menerbangkan balon bertenaga manusia pertama dan menyeberangi Selat Inggris selama satu tahun hingga tahun 1785. Bertahun-tahun kemudian muncul perusahaan asal Jerman, Zeppelin yang berhasil menerbangkan Graf Zeppelin lebih dari satu juta mil, termasuk keliling dunia, pada bulan Agustus 1929.

Baca Juga: Cara Memilih Sekolah Penerbangan yang Tepat

Namun kemungkinan yang paling diingat banyak orang adalah Wright bersaudara. Karena pada tanggal 17 Desember 1903 mereka membuat pesawat terbang pertama yang bisa dikendalikan. Sejak itu teknologi pesawat terbang mulai berkembang dan mulai digunakan militer pada masa awal Perang Dunia I.

Douglas DC-3 menjadi pesawat berpenumpang pertama yang menguntungkan secara komersial. Dari sini dimulailah era modern layanan penerbangan berpenumpang. Pada masa awal Perang Dunia II, bandara dibangun di berbagai kota dan ada banyak pilot berkualitas yang tersedia.

Seusai Perang Dunia II, khususnya Amerika Utara, ada ribuan pilot yang selesai dinas militer yang membuat mereka beralih ke penerbangan umum, baik swasta maupun komersial. Produsen seperti Cessna, Piper, dan Beechcraft memperbanyak produksi pesawat ringan untuk pasar kelas menengah.

Penerbangan sipil pun mengalami pertumbuhan di tahun 1950, dimulai dengan de Havilland Comet meski pesawat jet pertama yang dipergunakan secara luas adalah Boeing 707, karena lebih ekonomis dibandingkan pesawat lain pada masa itu.

Di saat bersamaan, pesawat turboprop propulsi mulai digunakan untuk komuter rute-volume kecil dengan ketahanan lebih baik terhadap cuaca.

Memang dampak dari perang selain penderitaan juga membawa berbagai inovasi. Tak terkecuali bagi dunia penerbangan. Sejak tahun 1960 telah ditemukan material komposit yang lebih tenang, mesin yang lebih efisien. Lalu ada kelahiran pesawat Concorde, pesawat penumpang supersonik, yang melayani selama lebih dari dua dekade.

Dari semua itu, inovasi yang penting adalah penemuan instrumen pesawat dan kontrol. Lalu diikuti penemuan solid-state electronics, Global Positioning System (GPS), komunikasi satelit, dan komputer yang semakin kecil dan kuat serta LED display. Semua itu mengubah tampilan kokpit pesawat sehingga makin canggih.

Kini dengan majunya industri ini, maskapai penerbangan berlomba-lomba memperbanyak rute terbang dan armadanya. Tenaga pilot pun semakin dibutuhkan. Kesempatan menjadi pilot dari suatu maskapai terbuka lebar.

Maka bagi Anda yang ingin menjadi pilot, bisa merintis jalannya dengan masuk sekolah pilot. Lalu di mana sekolah pilot yang bisa membantu mewujudkan impian itu ? Jawabannya Aviasi 28.

Disini, murid akan diajarkan dasar-dasar penerbangan yang sangat penting dan akan dibantu bagi yang akan melanjutkan ke sekolah aviasi di luar negeri. Karir pilot memang menjanjikan maka wujudkanlah bersama Aviasi 28.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">