Ingin Membeli Tiket JR Pass Murah? Simak Informasi Dasar Mengenai JR Pass!

jr pass tickets - exchange

Sumber gambar : Tokopedia.com

Kebanyakan orang hanya tahu kalau mau ke Jepang, harus membeli tiket JR (Japan Rail) Pass agar bisa naik kereta Shinkansen sepuasnya. Namun sudah seharusnya kita perlu memahami lebih dalam untuk mempertimbangkan apakah perlu membeli JR Pass atau tidak sebab jika hanya berencana untuk mengunjungi Tokyo atau Osaka, belum tentu Anda memerlukan JR Pass ini. Anda bisa memperoleh informasi jual tiket JR Pass di beberapa travel agent di Indonesia namun sebelum Anda tiket JR Pass, Anda mungkin perlu membaca beberapa informasi dasar mengenai JR Pass ini :

  1. Masa berlaku sesuai kebutuhan

JR Pass ini memiliki beberapa masa berlaku yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau berapa lama Anda di Jepang. Ada paket masa berlaku mulai dari 7 hari, 14 hari, hingga 21 hari. Jadi selama masa tenggat tersebut, transportasi Anda sudah terjamin dan harganya pun relatif lebih terjangkau. Ada yang perlu diingat juga bahwa meski Japan Rail Pass ini tidak kita gunakan dalam masa berlaku tiketnya, kita juga tidak bisa menggantinya di hari lain.

  1. Terbatas dan hanya untuk pembelian di luar Jepang

Meski dijual untuk orang asing, Japanese Rail Pass ini tidak diperjualbelikan pada orang-orang yang memiliki visa pelajar ataupun visa pekerja. Jadi JR Pass hanya dijual untuk orang-orang yang tinggal sementara di Jepang sebagai wisatawan atau turis saja. Selain itu, jika Anda sebagai wisatawan dan mempunyai mindset “yang penting sampai Jepang terlebih dahulu, urusan transportasi dan segalanya dipikir ketika sudah sampai”, jika Anda mempunyai pemikiran seperti ini maka JR Pass bukan pilihan yang tepat. Alasannya adalah karena JR Pass hanya dapat dibeli di luar negeri, bukan di Jepang. Jadi harus punya rencana dulu akan berkunjung atau berlibur ke daerah mana saja di Jepang.

  1. Harga

Harga jual tiket JR Pass murah adalah sekitar 29.110 yen atau sekitar 3 juta rupiah per orang untuk validitas (masa berlaku) selama 7 hari. Sedangkan untuk yang 14 hari harganya 46.390 yen, dan untuk yang 21 hari harganya 59.350 yen. Harga ini sudah termasuk juga biaya reservasi tempat duduk (seat reservation fee), jadi sebelum menaiki kereta, Anda bisa memesan kursi melalui counter Japan Rail. Jika beruntung, Anda bisa saja mendapatkan potongan harga tiket Japan Rail Pass.

  1. Tak ada pergantian tiket namun bisa mendapat pengembalian

Japan Rail Pass ini harus Anda jaga dengan hati-hati sebab ia berbentuk fisik sehingga jika sampai rusak, hilang atau dicuri orang, maka perusahaan Japan Railways juga tidak akan memberikan ganti tiket. Rencana liburan hemat pun bisa jadi berantakan. Namun jika misalkan JR Pass ini tidak digunakan padahal sudah terlanjur membeli, maka Anda bisa menukarkan dan mengirim kembali exchange order nya dengan catatan, JR Pass belum berlaku pada saat pengembalian.

  1. Hanya dapat ditukar di Jepang

Setelah membayar pada agen jual tiket JR Pass via online, Anda akan memperoleh exchange order yang harus ditukar pada stasiun-stasiun yang ada di Jepang. Bawalah exchange order tersebut beserta paspor asli dan tukarkan dengan tiket JR Pass yang sebenarnya. Jika Anda sudah memiliki tiket Japan Rail Pass, Anda tak hanya bisa menaiki kereta di Jepang saja melainkan juga bus, kapal Feri dan Shinkansen (bullet train) Jepang yang dijalankan oleh perusahaan Japan Railways Group.

Cek juga koleksi boots wanita terbaru, hanya di Bobobobo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">